Selama ini jika kita mengetikkan Aceh di mesin pencarian, maka sedikit sekali hal positif yang bisa ditemukan mengenai Aceh. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap citra positif Aceh, apalagi belakangan ini sedang gencar-gencarnya Aceh mempromosikan penerapan wisata halal.
|
Tenun Songket Aceh dan Kupiah Meukutop - Photo by Citra Rahman hananan.com |
Dalam mendukung upaya tersebut. tagline "The Light of Aceh" dan "Cahaya Aceh" diluncurkan pada kegiatan Wonderful Ramadhan in Aceh pada bulan Juni yang lalu. Sejumlah kegiatan festival telah berlangsung pada tahun 2016 ini antara lain Banda Aceh Coffee Festival 2016, Festival Pulau Banyak 2016, Aceh International Rapa'i Festival 2016 dan masih banyak lagi.
Untuk memperkiat upaya promosi wisata halal Aceh, sekitar 60 pegiat blog dan media sosial berkumpul di Hotel Oasis, Banda Aceh pada hari Selasa, 6 September 2016. Hadir mengisi sesi berbagi antara lain Ibu Wati Murani, Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI, yang mengajak partisipasi masif masyarakat dalam Generasi Pesona Indonesia (GenPI). GenPI
merupakan gerakan sadar wisata yang tidak dibatasi bagi
kalangan tertentu saja, sehingga siapa pun bisa bergabung untuk
bersama-sama memperkenalkan pariwisata Indonesia.
Creative Expert Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Mas Taufan Rahmadi menceritakan pengalamannya berbagi mengenai upaya pemasaran pariwisata Indonesia, termasuk dalam mempromosikan wisata halal. Selanjutnya pakar strategi komunikasi dan founder Wonderful Lombok Sumbawa Mbak Siti Chotijah "Jheipul". Mbak Chotijah turut berbagi kesan selama mempromosikan pariwisata Lombok, Nusa Tenggara Barat sehingga dapat meraih beberapa penghargaan kategori dalam World Halal Tour Award pada tahun 2015 silam.
|
Promosi Wisata Halal Aceh di ajang Matta Fair di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2-4 September 2016 |
Pada sesi berikutnya diuraikan wisata halal dalam sudut pandang blogger dan pegiat media sosial. Bang Aulia Fitri, blogger yang dikenal sebagai hack87 serta Director I Love Aceh Management ini menjelaskan bagaimana peran sosial media dan promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) dalam meledakkan pemasaran. Sementara Makmur Dimila, blogger Safariku.com menguraikan bagaimana masyarakat dapat memanfaatkan dunia blogger dan jurnalisme untuk mempromosikan keindahan dan keramahan wisata Aceh ke mancanegara.
Acara ditutup dengan peresmian Generasi Pesona Indonesia Aceh (Genpi Aceh) di mana terpilih sebagai Koordinator Makmur Dimila. Blogger Safari.com mengajak para pegiat blog dan media sosial untuk dapat lebih sering
mengangkat good news tentang Aceh lewat tagar #AcehSebenarnya.
|
Ingat-ingat passwordnya: Pesona Indonesia - Wonderful, Pesona Aceh - The Light of Aceh, GenPI Aceh - Aceh Sebenarnya! |
Buat kamu yang ingin mendukung Aceh dalam National Halal Award 2016, GenPI Aceh mengajak partisipasi kamu dengan membuka laman
halaltourism.id atau
bit.ly/voteaceh dan memilih nominator-nominator Aceh pada kategori nominasi nomor 1,2, 10 dan 14. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada uraian berikut:
1. Kategori Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
Pilih >> Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh, Aceh)
2. Kategori Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
Pilih >> Hermes Palace Hotel (Banda Aceh, Aceh)
10. Kategori Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
Pilih >> Aceh (Nanggroe Aceh Darussalam)
14. Kategori Daya Tarik Wisata Terbaik
Pilih >> Masjid Raya Baiturrahman Aceh (Aceh, Naggroe Aceh Darussalam)
Partisipasi kamu ditunggu sampai dengan 15 September 2016. Ayo tunjukkan dukunganmu agar dunia dapat lebih mengenal keindahan dan keramahan pariwisata Aceh, pesona #AcehSebenarnya.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Launching, GenPI Aceh Ajak Masyarakat Promosikan Pesona #AcehSebenarnya"
Post a Comment