4 Tanggapan untuk "Kopdar GIB: Bersama Songket Aceh Nyakmu"

  1. waah menarik banget postingan tentang songket Aceh. di beberapa kota, songket dan kain tradisional mulai dipadu padankan menjadi busana yang sesuai perkembangan zaman. Seperti kain songket yang awalnya digunakan untuk kain atau selendang, sekarang mulai digunakan untuk membuat rompi atau jas bagi laki-laki. Dan hal tersebut semakin membangkitkan gairah pengrajin memproduksi kain karena permintaannya tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benar sekali Mas Goiq... Di beberapa daerah songket mulai disisipkan dalam produk pakaian lainnya untuk menyesuaikan dengan selera konsumen, sempat melihat juga dari koleksi foto-foto songket Bang Hijrah dari beberapa daerah. Ini tentunya jadi tantangan tersendiri buat para desainer dan pengrajin untuk dapat membawa tenun tradisional ini tetap eksis yaa. :-)

      Delete
  2. padahal bagus2 tuh songketnya, kenapa nggak terangkat maksimal ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang Yudi, semangat dan dorongan dari pemerintah daerah dan segenap masyarakat sangat diperlukan untuk mempromosikan hasil kerajinan tradisional Aceh,. Perlu will politic yang lebih nyata dan berkesinambungan untuk menjaga kelangsungan kerajinan dan budaya Aceh,

      Delete